Bagaimana memastikan Kantor Akuntan Publik masih aktif dan dapat memberikan jasa Audit?

Audit merupakan jasa eksklusif yang diberikan kepada Akuntan Publik sesuai amanat Undang Undang No. 5 tahun 2011. Akuntan Publik dalam memberikan jasa audit wajib melalui Kantor Akuntan Publik. Izin Kantor Akuntan Publik diterbitkan oleh Kementerian Keuangan setelah dilakukan proses permohonan izin oleh Akuntan Publik.

Banyaknya permintaan atas jasa Audit tidak jarang menimbulkan oknum-oknum yang memanfaatkannya dengan menerbitkan laporan auditor independen palsu yang diterbitkan oleh Kantor Akuntan Publik Palsu atau Kantor Akuntan Publik yang telah mendapat sanksi pembekuan izin oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan. Hal ini mengharuskan pengguna jasa lebih aware dalam memilih Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik. Salah satu referensi yang dapat digunakan adalah daftar AP dan KAP aktif pada direktori Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kementerian Keuangan RI.

Untuk memperoleh daftar Kantor Akuntan Publik dan Akuntan Publik aktif, Anda dapat mengakses link pada website Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kementerian Keuangan berikut :


KAP terdaftar di Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kemenkeu

Akuntan Publik terdaftar di Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kemenkeu